londa toraja utara


Hasil gambar untuk objek wisata londa torajaBerada di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan adalah mimpi bagi setiap wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Nah tidak terasa lengkap bila kita sudah berada disini namun tidak menyempatkan berkunjung ke objek wisata kuburan Londa.
Terletak 7 KM dari selatan Kota Rantepao, objek wisata Londa ini berada di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara. Tak jauh dan tak susah bila ingin kesana, cukup menggunakan layanan jasa ojek, becak motor, mobil sewaan ataupun kendaraan pribadi dari Pusat Kota Rantepao. Kalau dari Kota Makassar sekitar 8-9 jam perjalanan dengan menggunakan bus ke Kabupaten yang mekar dari Tana Toraja ini.
Gambar terkaitLonda merupakan salah satu objek wisata dari sekian banyak objek wisata yang ada di toraja, baik toraja utara maupun di tana toraja. Londa sendiri adalah objek wisata tempat makam goa yang berada di sebuah bukit, di dalamnya juga berisi peti mati, tulang dan tengkorak jenazah yang sudah berumur ratusan tahun.
Ketika sampai dilokasi objek wisata, kita akan diperhadapkan dengan barisan patung kayu yang dikenal dengan nama Tau-Tau. Tau-tau merupakan patung dari jenazah yang dimakamkan di lokasi objek wisata Londa tersebut. 
Tarif yang disediakan para pemandu tergantung kesepakatan bersama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Kalau waktu saya berkunjung, tarif yang dikenakkan cukup murah karena berhubung kami sembilan orang adalah mahasiswa. Kami cukup membayar 50 ribu rupiah.
Sudah pada tidak sabaran ya, sebelum kita masuk harus diketahui dulu, para pengunjung itu tidak diperbolehkan menyentuh ataupun mengambil tulang dan tengkorak atau benda lain di dalam goa. Karena untuk proses pemindahan tulang-belulang itu ada proses adatnya, jadi kita hanya bisa menikmati dengan kasat mata atau mengabadikan dengan kamera.
Adapun beberapa gambar yang sempat saya abadikan di dalam Goa Londa,Menurut informasi pemandu yang membawa kita ke dalam Goa, di Objek Wisata Kuburan Londa ini, hanya Marga Tolengke yang bisa dikuburkan disini, diluar dari garis Marga Tolengke harus dikebumikan ditempat lain. Kuburan Londa ini juga merupakan kuburan keluarga terbesar di Toraja Utara. Selain itu Londa juga dikenal dengan kuburan gantung.

Comments

Popular posts from this blog

POTENSI DESA WISATA KE'TE KESU

bori kalimbuang,menhir megalithic,toraja sulawesi selatan